Mudah! Begini Cara Bikin Website

Website

Memiliki sebuah webiste dapat diibaratkan seperti memiliki perusahaan sendiri. Dibandingkan harus mengeluarkan dana yang sangat besar, memiliki situs dapat mendatangkan berbagai manfaat yang jauh lebih besar.

Website

Begini caranya membuat website

Website sendiri berbeda dengan web 2.0 seperti wordpress, fanspage, blogspot dan berbagai jenis lainnya. Di dalam dunia internet marketing internasional, web 2.0 hanya dipergunakan sebagai situs pendukung yang bertujuan untuk menaikkan traffic dan mendapatkan backlink, serta bukan merupakan situs utama.

Apabila Anda dapat membuat sebuah situs, Anda cukup mengeluarkan biaya yang sangat terjangkau. Dimulai dari sekitar Rp 1000 per hari atau Rp 360.000 setiap tahunnya.

Adapun berikut ini langkah-langkah dalam membuat website yang sangat berguna untuk Anda. Mulai dari untuk keperluan berbisnis, memberikan informasi umum dan lain sebagainya.

Oh Begini Caranya Bikin Website

Website

Seperti ini caranya membuat website

  • Niche

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika membuat website adalah dengan memilih niche. Bagi Anda yang tidak tahu apa itu niche, niche merupakan suatu bahasan spesifik yang digunakan oleh kalangan tertentu.

Sebagai contoh, Anda memilih niche olahraga dan jenis olahraganya adalah sepakbola. Itu artinya, di dalam website Anda hanya akan membahas berbagai informasi yang terkait dengan sepakbola. Dan bahkan Anda juga dapat menjual berbagai pernak-pernik sepakbola.

Langkah awal ini memang terlihat sederhana. Akan tetapi, hal itu sangatlah penting dalam pengembangan situs Anda kedepannya. Dengan semakin spesifik sebuah niche yang Anda pilih, maka semakin menarik para pengunjung yang juga spesifik.

Search Engine seperti Google juga akan memberikan penilaian dari relevansi website Anda yang berdasarkan niche. Sehingga, sebelum memutuskan untuk membuat situs, maka tentukanlah terlebih dahulu niche demi mendapatkan income.

Catatan penting, apabila Anda ingin membuat website yang berfokuskan untuk berbisnis, maka Anda tidak perlu bingung untuk menentukan niche dalam pembuatan situs. Anda cukup menggunakan tema dari produk Anda sebagai niche.

  • Domain

Setelah menentukan niche yang tepat untuk website Anda, langkah selanjutnya adalah dengan menentukan domain. Domain merupakan nama dari website Anda, seperti www(dot)namaAnda(dot)com atau dengan akhiran co.id

Sejatinya, tidak ada teori khusus untuk menentukan nama domain yang akan Anda gunakan. Sebaiknya, pilihlah nama domain yang akan memudahkan orang untuk dengan mudah mengingat situs Anda.

Satu hal yang penting, sebaiknya hindari penggunaan nama domain yang terlalu panjang. Pasalnya hal itu akan memiliki nilai SEO yang rendah. Karena EDM (Exact Domain Match) saat ini sudah tidak lagi memiliki nilai yang tinggi dalam SEO. Dan hal itu juga akan membuat website Anda cukup sulit untuk diingat.

  • Hosting

Berikutnya adalah Anda harus memiliki tempat khusus untuk penyimpanan data yang akan dimasukkan ke dalam situs Anda di internet. Sehingga Anda membutuhkan hosting, yaitu tempat penyimpanan data-data internet.

Menciptakan Website Hanya Melalui WordPress

Setelah Anda menetukan niche, dan melakukan pembelian domain dan hosting, Anda dapat membangun situs dengan cara lain. Cara termuda dan yang paling umum digunakan adalah dengan menggunakan web builder melalui c pannel. Dimana akan Anda dapatkan ketika membeli hosting.

Website

Website dapat dengan mudah dibuat melalui wordpress

Pilihan terbaik web builder adalah wordpress. Mungkin saja Anda mengenal berbagai web builder lainnya untuk menciptakan website. Akan tetapi, apabila Anda menginginkan situs yang dengan mudah dimodifikasi, mudah juga diaplikasi oleh SEO, dan memiliki pilihan tema serta gratis, maka jawabannya adalah wordpress.